Peran Media dalam Aliran Informasi COVID-19 Terhadap Organisasi Pemerintahan Seluruh Negara di Dunia

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi, siang atau malam untuk teman-teman pembaca
semoga masih tetap sehat dan semangat dalam menjalani segala macam aktifitas di tengah pandemi yang masih tak kunjung hilang di bumi Indonesia.
Mari kita berdoa agar segala kesusahan kita hari ini dapat segera berakhir dan kita dapat kembali menjalani aktifias kita dengan normal tanpa di hantui dengan ketakutan tertular penyakit mematikan dengan tingkat penyebaran tinggi, COVID-19

Bicara tentang aktifitas yang dijalani selama masa karantina dan penerapan PSBB serta social distancing ini, banyak sekali kebiasaan masyarakat yang akhirnya dituntut pula untuk berubah, beragam mata pencarian dan industri vakum dan di liburkan selama masa pandemi ini, masyarakat kebingungan dan menyuarakan suara mereka kepada pemerintah yang dimana isi akhirnya hanya menyalahkan pemerintah dalam hal penanganan COVID-19.

Pandemi Covid-19 yang mengubah kebiasaan orang Indonesia

Hal ini tidak sepenuhnya benar, berkaca dari kasus penyebaran informasi tentang corona virus disease diawal masa kejadiannya di akhir tahun 2019, tepat nya di China, Wuhan. Kita dapat melihat bahwa penyebaran informasi ini berada pada pola Penyebaran Secara Serentak.
Mengapa begitu ; media merupakan pintu masuk informasi inputan dari perkembangan COVID dengan masyarakat yang dimana berada pada kondisi kelabilan apakah akan memulai untuk mengantisipasi penyebaran atau menunggu sampai saat nya tiba baru melakukan gembar-gembor kepada masyarakat. Media internasional pada waktu itu sudah menyebarkan informasi secara luas kepada seluruh organisasi pemerintahan di dunia untuk mengantisipasi mewabah nya COVID-19 ini yang dimana di beberapa negara di nilai biasa saja, namun di negara lainnya di sikapi dengan cepat sehingga hasil nya dapat kita lihat pada saat ini,

corona
Pemakaman massal para jenazah yang diduga dan terkonfirmasi meninggal dunia akibat Covid-19 di Manaus, Brasil.

Dikutip dari BBC News melalui situs nya dengan judul artikel “Covid-19 di Brasil: Brasil jadi negara dengan jumlah kasus positif terbanyak ketiga di dunia”.
Brasil kini mencatat lebih dari seperempat juta kasus positif.
Akibatnya, sistem kesehatan di kota terbesar Brasil, Sao Paulo, menurut wali kota Bruno Covas, dapat kolaps dalam dua pekan mendatang.
Kota itu berpenduduk sekitar 12 juta jiwa dan para pejabat mengatakan banyak warganya mengabaikan aturan menjaga jarak. Di Kota Sao Paulo saja, lebih dari 3.000 orang telah meninggal dunia akibat Covid-19.
Namun, tidak hanya kawasan perkotaan yang terdampak parah. Daerah Amazon mencatat hampir 21.000 kasus positif per Senin (18/05).
...

Informasi yang sudah diberikan secara serentak kesemua organisasi besar sekelas bangsa dan negara tidak selalu dapat secara serta merta di terima oleh para pimpinan negara, berkaca dari kasus Brasil. Akibat pemerintahnya yang terlalu meremehkan adanya COVID-19 akhir nya berdampak pada kondisi negara nya yang saat ini menempati peringkat ke 4 tertinggi di dunia dalam kasus COVID-19.

UPDATE Rabu 20 Mei 2020, Peringkat Negara Terjangkit Corona, China ...

Berfokus pada sifat penyebaran informasi yang secara serentak di bagikan oleh media kepada organisasi pemerintahan di seluruh dunia tentang kondisi COVID-19 ini, bagaimana dengan negara kita tercinta Indonesia.

Grafik Data Corona di RI: Jumlah Pasien Sembuh Salip Korban Meninggal

Informasi yang sudah diberikan cukup cepat sebelum pandemi masuk ke Indonesia malah disikapi dengan sangat santai. Seakan indonesia terlindungi dari COVID-19, hingga pada awal maret kasus pertama muncul di sentral dari Indonesia, Pulau Jawa, tepatnya di Depok dan Jakarta Selatan. Menjadi titik balik Indonesia dalam menhadapi pandemi COVID-19 tidak kurang dari 1 bulan penyebaran yang cukup cepat membuat ribuan kasus positif COVID teridentifikasi dan membuat kepanikan di kalangan masyarakat,

Pada masa itu penyebaran informasi untuk meredakan kereasahan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga agar tidak ada kekhawatiran masal yang kemungkinan dapat terjadi. Bagusnya pemerintah kita tanggap membuat layanan chat online yang berguna untuk melaporkan dan memberikan informasi tentang perkembangan COVID di Indonesia, juga menjadi upaya untuk pemerintah mendapat kan data aktual penyebaran COVID di Indonesia pada masa itu sebelum adanya penanganan cepat dari pemerintah yang sudah di kembangkan sekarang ini.

COVID19.GO.ID
0811-3339-9000
Kontak layanan COVID19 dari Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

Aliran informasi yang tidak lagi bisa di bendung membuat kekhawatiran dikalangan masyarakat yang akhirnya muncul penimbun masker, handsanitizer, dan vitamin C. bagusnya pemerintah dan kepolisian bertindak cepat dengan menertibkan oknum-oknum tersebut dan memberikan mereka hukuman yang sesuai dengan yang mereka lakukan.

Untuk mengakhiri tulisan ini, penulis mengajak para pembaca sekalian untuk ayo kita bagikan pesan baik dan motivasi diri untuk seluruh teman-teman kita di luar sana agar kuat dalam menghadapi pandemi ini, karena setiap badai pasti akan ada pelangi setelah nya.
Selamat malam, stay health dan #DIRUMAHAJA
Waalaikummussalam Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Kecil ; karya Joko Pinurbo

Human Relation : Strategi Menghindari Stress

Balada Terbunuhnya ATMO KARPO - karya WS Rendra