Cerita kami (Konseptor, Mediator, Kreator dan Problem Solver), POSCAC, 4 P

Cerita kami (Konseptor, Mediator, Kreator dan Problem Solver)

Saya akan mengawali tulisan ini dengan ucapan syukur Alhamdulillah karena malam ini kami sudah berhasil menyelesaikan amanah dari Ibu Serepina pada mata kuliah Kreatifitas​ yaitu kegiatan pengabdian masyarakat yang kami laksanakan di RPTRA​ Dharma suci Pluit. Dengan mengusung tema menjaga kebersihan lingkungan. Acara yang kami beri nama "Patroli Nyampah Compaign" telah selesai dan insyaallah jika semesta memberikan kami ruang dan kesehatan yang lebih maka akan berlanjut di masa yang akan datang.
Banyak sekali kesan yang mendalam seusai nya acara ini. Haru bercampur lega meliput dalam rasa yang kini tengah berkecamuk dalam jiwa.

Bisa melihat senyuman adik adik dan wajah syukur dari teman-teman Satu kelompok memberikan semangat baru bagi kita semua untuk menyelesaikan apa yang sudah kita mulai. Awalnya kelihatan mustahil memang, dalam kurun waktu yang relatif singkat dengan persiapan yang di matangkan dan dipadatkan pada beberapa Minggu sebelum pelaksanaan kami dengan kepastian hati melaksanakan amanah ini. Fungsi dari Kreator muncul pada titik ini. Dimana masing-masing dari kami memberikan gagasan tentang apa dan bagaimana acara ini akan di laksanakan, setiap anggota punya nuansa pemikiran yang liar dan asik untuk di rangka menjadi sebuah konsep. Pada tahap ini fungsi konseptor mulai muncul, dimana kami mulai memilih dan memilah gagasan mana yang sangat related dengan kegiatan yang kami laksanakan.

Setiap gagasan ini perlu untuk di deliver atau disampaikan kepada anggota kelompok, pada tahap ini semua melakukan fungsi mediator baik mewakili suara divisi nya maupun suara pribadinya. Tidak semua gagasan bisa diterima dan di masukan kedalam konsep besar pelaksanaan kita. Maka impact nya timbullah masalah, dengan pemikiran kritis dan kepala dingin masalah tersebut kami selesaikan​ satu persatu dengan tanpa merugikan siapapun​. Pada tahap ini fungsi problem solver dilakukan.

Tahapan tahapan tersebut tentu bukan tanpa dasar pemikiran. Ada hal hal yang kami rencanakan dan matangkan selama masa persiapan, dimana dasar persiapan nya dari konsep besar POSCAC (Planning , Organizing, Staffing, Coordinating, actuating,  Controlling,)
Dari dasar itu kami memperhitungkan dan bergerak dengan konsep besar yang kami miliki.

Pada saat pencarian dana kegiatan, kami juga menentukan pilihan terbaik yang paling menguntungkan kegiatan kami dan juga related dengan apa yang kami laksanakan. Tentu berdasar pada bauran pemasaran kami menentukan ;
Product botol yang kami pilih dengan pesan untuk mendukung pengurangan sampah botol plastik, price atau harga yang relevan dengan target market kami, promotoon atau promosi yang kami lakukan di social media atau tempat sosial kami dan place dimana kami menjual dan memberikan provide kepada para pendukung atau partisipator dari acara kami, bagaimana agar mereka dapat mengakses kami dengan mudah.

Senja yang indah dua hari ini menunjukkan pada setiap kami bahwa berbagi kebahagiaan akan seasik dan sepuas ini. Terimakasih untuk kerjasama dan partisipasi​ kalian semua.

Saya akhiri tulisan ini dengan.

Patroli Nyampah
"Pungut sampah mu, kreasikan karyamu"


Ika Fityan Maulana
183124350070012
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Mpu Tantular

Dosen pembimbing ; Serepina Tiur Maida

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Kecil ; karya Joko Pinurbo

Human Relation : Strategi Menghindari Stress

Balada Terbunuhnya ATMO KARPO - karya WS Rendra